Panduan cara membuat blog

Etika ngeblog

18 Nov 2011 - 22:41 WIB

3 etika ngeblog yang perlu kita ketahui

etika ngeblog

etika ngeblog

Ada satu tips blogging penting yang menurut saya sangat perlu untuk diperhatikan sambil belajar cara membuat blog, yaitu tentang etika ngeblog. Dalam blogging, secara tidak langsung kita memasuki sebuah komunitas, karena blog yang kita buat cepat atau lambat akan dikunjungi pembaca yang pastinya sebagian besar dari mereka juga blogger.

Ada beberapa aturan tidak tertulis di dunia blogging yang mustinya kita ketahui dan amalkan untuk menghindari permasalahan yang mungkin bisa timbul karenanya dan merugikan kita sendiri, ini ada sedikit tips blogging tentang etika ngeblog :

1. Tulis sumber kutipan

Sebenarnya jelas lebih baik jika menulis artikel original hasil dari ide dan oleh pikiran kita. Namun jika kebetulan kita menemukan artikel menarik dan ingin mengcopy-nya, itu sah-sah saja asalkan kita cantumkan alamat sumber dari artikel tersebut berasal, dan akan lebih baik jika alamat sumber tersebut berupa link yang langsung terhubung ke artikel yang bersangkutan.

2. Meminta ijin

Jika pada blog tempat anda mencopy artikel atau beberapa paragraph dari sebuah artikel tidak menyatakan tentang mengijinkan pembaca meng-copy artikelnya, maka sebaiknya anda meminta ijin kepada pemilik blog tersebut.

3. Menulis dengan sopan dan aman

Apapun yang dipubikasakan secara umum di internet merupakan konsumsi publik dan bisa diakses dari seluruh dunia. Maka kita harus bisa menulis dengan baik, tanpa merugikan, menyinggung, bahkan memfitnah pihak-pihak tertentu dan menulis hal-hal yang melanggar hukum, baik hukum tertulis maupun tidak tertulis, serta norma-norma masyarakat yang berlaku.

Itulah 3 etika ngeblog yang penting dan perlu kita amalkan..

Semoga bermanfaat.


TAGS   etika ngeblog / etika blogging /


Author

Recent Post

Recent Comments

Archive