Panduan cara membuat blog

Cara Membuat blog di wordpress

22 Nov 2011 - 12:56 WIB

Bagaimana Cara membuat blog di wordpress?

Ada beberapa hal yang perlu kita ketahui sebelum mempelajari bagaimana cara membuat blog di wordpress. Pada artikel cara membuat blog memang belum dijelaskan secara khusus, karena cara membuat blog di wordpress memang harus ditulis dalam banyak artikel dan dijelaskan step by step agar kita bisa mempelajari dengan lebih mudah dibanding penjelasan secara case by case yang terpencar-pencar dan tidak urut.

Cara membuat blog di wordpress

Setelah anda mengetahui apa itu wordpress dan memahami kelebihan wordpress, dan tidak lagi bingung mau memilih blogspot atau wordpress, saat ini kita akan pelajari tentang jenis wordpress. Ada 2 jenis blog wordpress, yaitu :

Wordpress.com (baca : wordpress dot com/ wordpress instant)

Dengan wordpress jenis ini, kita bisa langsung mendaftar dan memulai ngeblog tanpa harus membeli domain dan menyewa hosting. Anda bisa mendaftar di www.wordpress.com, anda bisa ikuti petunjuknya di artikel cara daftar wordpress.

Wordpress.org (baca : wordpress dot org/ wordpress self-hosted)

Untuk membuat blog wordpress jenis ini, kita harus membeli domain dan menyewa hosting, mendownload file (mesin wordpress) dan belajar cara menginstall wordpress. Dan memahami tentang pengertian domain serta pengertian hosting agar lebih mudah dalam mempraktekkannya.

Nah anda bisa memilih mau menggunakan wordpress yang mana. Tinggal disesuaikan dengan tujuan anda ngeblog. Kalau anda ngeblog untuk tujuan non profit atau membuat blog pribadi, lebih cocok di wordpress.com. Namun kalau ingin mendapatkan penghasilan dari blog, mau tidak mau harus menggunakan wordpress.org. Kita tidak mungkin menggunakan wordpress.com untuk mendapatkan penghasilan dari blog, karena wordpress.com tidak memungkinkan untuk itu. Jadi anda harus mengeluarkan uang paling tidak 300.000 untuk menyewa hosting dan membeli domain, dan ngeblog pakai wordpress.org.

Namun jika anda ingin membuat blog yang menghasilkan uang tapi tetap menggunakan platform wordpress, ada alternatif lain, yaitu menggunakan blogdetik. Silahkan baca artikel cara membuat blog di blogdetik.

Silahkan browse artikel-artikel yang sesuai tahap belajar anda baik langsung pada artikel bersangkutan atau dari kategori-kategori yang ada pada sidebar sebelah kiri halaman blog ini agar anda bisa mempelajari cara membuat blog di wordpress dengan lebih mudah.


TAGS   Cara membuat blog di wordpress / cara bikin blog wordpress / buat blog wordpress / cara membuat blog /


Author

Recent Post

Recent Comments

Archive