Panduan cara membuat blog

Pengertian website

25 Nov 2011 - 22:41 WIB

Penjelasan singkat dan sederhana tentang pengertian Website

Pengertian website

Pengertian website

Sebelum mempelajari cara membuat blog di wordpress, mungkin ada baiknya kita sedikit memahami juga pengertian website dan bagaimana cara kerja atau ilustrasi proses sebuah website bisa kita tampilkan di browser. Hal ini mungkin berguna untuk mempelajari bagaimana wordpress jenis wordpress(dot)org itu bekerja.

Disini saya akan coba jelaskan secara simple saja dengan bahasa yang sederhana, karena dulu waktu saya belajar membuat website, saya bingung bagaimana sebenarnya cara kerjanya dan dari banyak artikel tutorial saya dapatkan bahasa dan istilah yang digunakan banyak yang saya ngga tahu, jadi malah makin bingung deh hehe. So, kita pake bahasa yang ringan-ringan aja, yang penting mudah dipahami. Artikel lainya yang berhubungan dengan cara membuat blog bisa anda dapatkan di blog ini, silahkan search saja, yah.

Pada dasarnya, website adalah sekumpulan file dan folder yang berisi script-script/bahasa pemrograman (yang kita ngga perlu atau belum perlu tahu itu dulu yah), yang tersimpan didalam server hosting online dan mempunyai alamat khusus yang membedakan antara website satu dengan lainnya. Alamat khusus itu disebut domain, contoh : www.garisputih.blogdetik.com domain website tersebut adalah garisputih.blogdetik.com. Untuk menambah pemahaman pengertian website, dan cara membuat blog di wordpress, khususnya wordpress(dot)org, anda bisa klik artikel tentang pengertian domain dan pengertian hosting.

Dibawah ini ilustrasi sederhana untuk membantu memahami pengertian website :

Pengertian website 2

Pengertian website - Kumpulan file

Website adalah sekumpulan folder dan file yang mengandung banyak perintah dan fungsi fungsi tertentu, seperti fungsi tampilan, fungsi menangani penyimpanan data, dsb.

Pengertian Website - Server Online

Pengertian Website - Server Online

Kumpulan folder dan file yang dimaksud diatas, diupload ke server hosting online. Banyak sekali website penyedia jasa sewa hosting dan menjual domain.

Pengertian website - Diakses Browser

Pengertian website - Diakses Browser

Setelah semua settingan kumpulan script dan folder tadi pada server hosting selesai dan benar, serta telah diletakkan pada domainnya, barulah alamat website tersebut bisa diakses melalui browser, tentunya membutuhkan koneksi internet untuk itu.

Nah itu ilustrasi dan penjelasan tentang pengertian website yang paling sederhana. Nantinya dalam mempelajari cara membuat blog di wordpress yang menggunakan wordpress(dot)org, kita juga harus melakukan langkah seperti ilustrasi diatas, yaitu :

  1. Terlebih dahulu mendowload kumpulan file dan folder dari wordpress (Sebut saja file wordpress),
  2. Kemudian menguploadnya ke server online,
  3. Dan melakukan beberapa settingan untuk membuatnya bisa diakses/dibuka di internet.

Tentang caranya, lebih lengkap anda bisa baca di artikel Cara Install Wordpress Online.

Kalau artikel ini cukup bisa membantu anda, mohon beritahukan kepada teman-teman anda dengan SHARE ke Facebook dan atau Twitter anda, caranya cukup klik logo Facebook di bagian bawah artikel ini dan ikuti petunjuknya.

Makasih yah..”

Cheers..


TAGS   Cara membuat blog di wordpress / Pengertian website /


Author

Recent Post

Recent Comments

Archive