Panduan cara membuat blog

Cara Membuat Blog untuk Pemula

5 Jan 2012 - 10:41 WIB

Panduan cara membuat blog dan memilih platform blog yang paling mudah dijalankan.

Panduan cara membuat blog

Sebelum mempelajari cara membuat blog, kita harus menentukan platform blog apa yang mau kita pakai. Juga ada beberapa hal seputar blogging yang kita sebaiknya pahami dulu :

  1. Pengertian website - Dengan memahami pengertian website dan bagaimana cara kerja sebuah website hingga bisa ditampilkan di browser, akan lebih mudah bagi kita untuk memahami bagaimana menjalankan blog yang bersifat self-hosted. Tentang self-hosted blog, nanti kita akan pelajari juga.
  2. Pengertian blog - Penting juga kita ketahui apa pengertian blog. Hal tersebut berguna untuk lebih memahami posisi blog di dunia internet dan apa saja yang bisa kita lakukan dengan blog.
  3. Manfaat blog - Blog memberi banyak manfaat dan keuntungan untuk kita. Dengan mengetahui manfaat blog akan lebih memotivasi kita untuk terus belajar lebih jauh tentang blog. Dengan meningkatkan pengetahuan tentang blog, kita bisa mengeksplorasi segala manfaatnya untuk mencapai apa tujuan kita blogging.
  4. Memilih blog platform - Setelah anda memahami 3 point diatas, pada saatnya nanti, anda harus memilih platform blog yang anda sukai dan mudah dijalankan menurut anda. Karena ada beberapa platform blog yang biasa digunakan untuk membuat blog. Ada wordpress, blogspot, multiply, blogdetik, dll. Semua mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Dan hal itu bisa kia sesuaikan dengan kebutuhan serta tujuan ngeblog. Termasuk pertimbangan masalah biaya. Karena ada jenis blog dimana kita harus mengeluarkan sedikit uang untuk mulai menjalankannya. Yaitu blog wordpress jenis self-hosted. Akan kita pelajari juga cara membuat blog jenis ini nantinya.
  5. Kelebihan wordpress - Kenapa anda harus belajar tentang kelebihan platform blog wordpress? Karena Wordpress adalah blog platform yang paling banyak digunakan di dunia. Beberapa kelebihan wordpress adalah kemudahan pengoperasiannya, dan wordpress bisa dialihfungsikan menjadi bermacam-macam type website. Hal itu bisa dilakukan dengan mudah hanya dengan menggunakan tools/peralatan yang sesuai. Tools tersebut disebut plugin. Ada banyak plugin tersedia yang bisa kita gunakan untuk memaksimalkan wordpress. Dan memang di blog ini saya cenderung menyarankan anda untuk menggunakan wordpress.

Kita bisa menemukan banyak artikel cara membuat blog di internet. Namun sedikit saja yang memberikan panduan step by step atau langkah demi langkah cara membuat blog. Anda bisa belajar membuat blog benar-benar memulainya dari awal melalui blog saya ini.

Anda bisa berlangganan gratis artikel cara membuat blog step by step dengan submit alamat email anda di form berlangganan di bawah artikel ini. Setiap update artikel-artikel baru akan otomatis terkirim ke alamat email anda. Dan jika menemui kesulitan, silahkan menulis comment atau berkirim email ke untorohmw@gmail.com. Terimakasih


TAGS   cara membuat blog / cara bikin blog /


Author

Recent Post

Recent Comments

Archive